Senin, 21 Januari 2013

tugas Pemasaran Usaha Kecil Dan Menengah

Nama      : Poetry Firstariana
Kelas      : 3DD01
Npm       : 35210346

Tugas Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah

Rata-rata durasi iklan di TransTV untuk acara Sinetron pada jam 1 siang adalah 2 menit 05 detik dengan penayangan sinetron 8 menit 42 detik :
1. Iklan Magnum berdurasi 15 detik
2. Iklan Kispray berdurasi 15 detik
3. Iklan Cussons 12 detik
4. Iklan promosi sinetronnya tersendiri 23 detik
5. Iklan emeron lovely berdurasi 22 detik
6. Iklan coca cola berdurasi 20 detik
7. Iklan Gery Chocolatos berdurasi 8 detik
8. Iklan Olay berdurasi 10 detik
9. Penayangan Sinetron berdurasi 8 menit 42 detik

Untuk penjualan Ukm yang saya pilih ini menggunakan atau memakai media iklan sebagai berikut :
-> Penjualan Pribadi, yakni dengan memberikan contoh atau sample produk yang diperjual kan oleh Ukm yaitu accessories handmade (buatan tangan) dan dari mulut ke mulut .

-> Pemasaran Langsung, dengan menggunakan media yang ada dan perkembangan zaman hadirlah handphone blackberry yang memudahkan orang untuk berbisnis, salah satunya Ukm ini sering menggunakan transaksi melalui handphone blackberry dengan menggunakan salah satu aplikasinya yaitu Blackberry Messenger yang saat ini digunakan umumnya pada banyak kalangan. Dan pemasaran langsung melalui internet yaitu melalui Blog juga terkadang melalui telefon

Minggu, 13 Januari 2013

tugas pemaaran usaha kecil dan menengah (saluran distribusi)

Nama : Poetry Firstariana
Npm : 35210346
Kelas : 3DD01
Tugas Pemasaran Usaha Kecil & Menengah
(Saluran distribusi pada Ukm yang saya pilih)

Penjelasan mengenai macam-macam saluran distribusi :
1. Produsen - Konsumen
Bentuk saluran distribusi ini merupakan yang paling pendek dan sederhana karena tanpa menggunakan perantara. Saluran distribusi ini disebut saluran distribusi langsung.
2. Produsen - Pengecer - Konsumen
Produsen hanya melayani penjualan dalam jumlah besar kepada pedagang besar saja, tidak menjual kepada pengecer. Pembelian oleh pengecer dilayani oleh pedagang besar, dan pembelian oleh konsumen dilayani pengecer saja.
3. Produsen - Pedagang Besar - Pengecer - Konsumen
Produsen hanya melayani penjual dalam jumlah besar kepada pedagang besar saja, tidak menjual kepada pengecer. Pembelian oleh pengecer dilayani pedagang besar, dan pembeli oleh konsumen dilayani pengecer saja.
4. Produsen - Agen - Pengecer - Konsumen
Produsen memilih agen sebagai penyalurnya. Ia menjalankan kegiatan perdagangan besar dalam saluran distribusi yang ada. Sasaran penjualannya terutama ditujukan pada pengecer besar.
5. Produsen - Agen - Pedagang Besar - Pengecer - Konsumen
Produsen sering menggunakan agen sebagai perantara untuk menyalurkan barangnya kepada pedagang besar yang kemudian menjualnya kepada toko-toko kecil. Agen yang terlibat dalam saluran distribusi ini adalah agen penjualan . (Ref : Swastha dan Irawan, 1997, p.295-297)

Dari penjelasan macam-macam saluran distribusi diatas, Ukm yang saya pilih menggunakan saluran distribusi yang pertama, yaitu menggunakan saluran distribusi Produsen - Konsumen .
1. Kenapa Ukm anda menggunakan saluran distribusi Produsen - Konsumen ?
-> Karena kami Ukm yang membuat produk secara handmade (buatan tangan), juga bukan Ukm yang mempunya modal yang besar untuk menyalurkan produk-produk yang kami punya. Dikarenakan produk yang terbatas dan juga kami juga masih berstatus mahasiswa, jadi masih banyak peluang untuk menjual produk accessories buatan tangan kami secara langsung kepada pembeli.
2. Dengan adanya Galeri di kampus D Gunadarma, kenapa anda tidak mencoba menyalurkan atau menitipkan Produk anda ?
-> Disamping produk kami terbatas, juga perlu waktu untuk membuat produk yang banyak agar bisa dititipkan di Galeri kampus D Gunadarma. Biasanya kami melayani pembuatan accessories dengan pemasanan terlebih dahulu agar si pembeli juga puas dengan hasil yang mereka inginkan. Tetapi untuk pengembangan ke depannya mungkin kami akan menitipkan di Galeri Kampus Gunadarma.
3. Dengan hadirnya gadget-gadget canggih saat ini, apakah anada menjual produk anda secara online ?Dengan memanfaatkan tekhnologi canggih misalnya Blackberry messenger atau blog ?
-> Ya, tentu saja saya memanfaatkan gadget tersebut. Ditambah dengan hadirnya blackberry messenger atau biasa kita sebut Bbm, saya melayani dengan cara pemesanan melalui bbm. Dan membuat grup di aplikasi bbm itu, tentnya sangat banyak peminatnya dan memesan melalui bbm. Selain tidak mengeluarkan biaya yang banyak, cara penjualan melalui bbm ini sangat cepat dan mudah. Kalau blog, saya pernah mencoba tetapi tidak terlalu banyak peminatnya.


Pengikut