Tugas UKM penentuan harga Metode Margin


Cara penentuan harga :
            Tentunya UKM kami ini mempunyai harga tersendiri dengan penentuan dan berbagai pertimbangan yang kami pikirkan dan rembukkan bersama :
·         Karena bisnis UKM yang kami  buat ini adalah handmade(buatan tangan), maka kami menentukan harga tergantung kesulitan terhadap barang itu sendiri.

·        Penentuan harga berdasarkan waktu pembuatan
·        Tentunya kami juga melihat target pasar yang kami tuju, sebanding atau tidaknya untuk konsumen nantinya.
Kami contohkan salah satu produk yang kami buat adalah accessories headband. Headband adalah sejenis bandana yang terbuat dari kain kaos serena yakni kaos serena itu sendiri bahan berkualitas yang biasanya dipakai untuk membuat kaos olah raga. UNtuk harganya sendiri adalah Rp. 20.000.

Metode penetapan harga margin :
Penetapan margin keuntungan terhadap suatu produk yang akan dijual sangat dipengaruhi oleh biaya-biaya yang dikeluarkan sampai barang tersebut diterima konsumen atau sampai proses yang di tentukan selesai. Dengan itu maka penetapan harga dengan menghitung biaya-biaya biasanya kita kenal dengan istilah cost oriented pricing, yang mengerucut pada  metode penetapan harga biaya-plus (cost plus pricing method) sbb :
Perhitungan :

Penjualan (5 buah headband)                          =          Rp.      100.000
Dikurangi beban variable                                =          Rp.        50.000
            Margin kontribusi                                =          Rp.        50.000
Jadi keuntungan dari 5 buah headband adalah 50.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut