Minggu, 17 Maret 2013

Tugas Etika Bisnis (Iklan Yang Menyimpang)

Iklan Alat kontrasepsi untuk pria
            Seperti yang kita ketahui dewasa ini marak iklan-iklan ditelevisi yang melanggar banyak etika, seperti etika sopan santun, hukum, keperdulian kepada masyarakat, dsb. Tentunya pembuatan iklan seperti ini sangat mengecawakan dan menjelekkan citra bangsa kita sendiri. Tanpa kita sadari iklan-iklan itu merasuk dan menghipnotis kita untuk membeli suatu produk yang mereka iklankan. Tentunya untuk mengiklankan sebuah produk seharusnya memberikan efek positif dan membangun juga memperhatikan etika-etika yang berlaku apakah iklan tersebut akan memberikan efek yang buruk atau baik untuk masyarakat, tidak hanya mementingkan produknya laku terjual tetapi memperhatikan kepedulian terhadap masyarakat itu sendiri.
Contoh yang akan saya ambil dari iklan yang melanggar etika adalah iklan alat kontrasepsi untuk pria yang biasa khalayak menyebutnya “kondom” yang di perankan oleh artis dangdut sensasional terkenal yaitu Julia Perez dan pasangannya Gaston Castano untuk iklan kondom SUTRA. Di ilustrasikan Gaston sedang memainkan sebuah bola sepak bersama juga dengan di iringi music salsa yang menggairahkan.
Berikut Link dari Iklan tersebut :
            Entah Kenapa di Negara kita ini iklan-iklan tidak mendidik dan tidak memperhatikan jam tayang untuk dipertontonkan di khalayak ramai. Padahal seperti yang kita ketahui yang menonton televise bukan hanyak bapak-bapak atau ibu-ibu tapi anak-anak mereka juga menonton televisi. Jika hal itu tidak rubah, maka lambat laun semakin banyaknya iklan yang melanggar etika akan merusak moral dan mental anak-anak bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut